Saturday 9 June 2018

Penggunaan Had pada kalimat bahasa Inggris


Apa itu had....? dan kapan kita menggunakannya....?

          Pada artikel kali ini kita akan membahas penggunaan had dalam percakapan bahasa Inggris. Dalam percakapan kalimat bahasa Inggris had memiliki fungsi dan arti yang berbeda-beda, tergantung konteks kalimatnya.

Apa maksudnya ?

Silahkan simak pembahasan di bawah ini.
 
1. Penggunaan had pada kalimat past tense
               Dalam kalimat past tense had adalah bentuk kedua dari have atau has yang dapat diterjemahkan sebagai mempunyai. Yang berarti had disini diposisikan sebagai kata kerja utama (main verb). Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

- When I was young, I had a BMX (ketika saya muda, saya mempunyai BMX)
- I had curly hair when I was a child (saya mempunyai rambut keriting saat anak-anak)




2. Penggunaan had pada kalimat present perfect tense
              pernahkah kalian melihat kalimat seperti ini " she has had curly hair since she was a child". mungkin beberapa dari kita ada yang merasa bingung, kenapa ada had padahal sudah ada has disana.
dalam kalimat tersebut had diposisikan sebagai past participle atau verb 3 yang dapat diterjemahkan  sebagai memiliki atau mempunyai sedangkan has diposisikan sebagai auxiliary verb yang berarti sudah atau telah.

ingat formula present perfect tense berikut have/has + past participle (verb 3)

contoh kalimat :

I have had a smartphone since 3 years ago ( saya telah mempunyai smartphone sejak 3 tahun yang lalu)

He has had a sport car since 7 years ago (dia telah mempunyai mobil sport sejak 7 tahun yang lalu)



3. penggunaan had pada kalimat past perfect tense
             Dalam kalimat past perfect tense had diposisikan sebagai kata bantu atau auxiliary verb dan diikuti oleh past participle. kalimat past perfect tense menggunakan formula had + past participle.

contoh kalimat :

I had graduated before 19 (saya telah lulus kuliah sebelumusia 19 tahun)

I had turned off the television before I sleep (saya telah mematikan televisi sebelum saya tidur)

I had had a home before marriage (saya telah mempunyai rumah sebelum saya menikah)


kenapa di contoh ketiga terdapat dua kata had ?

jawabannya adalah had yang pertama berfungsi sebagai auxiliary verb atau kata kerja bantu, sedangkan had yang kedua berfungsi sebagai past participle atau kata kerja bentuk ke 3 yang berfungsi sebagai main verb atau kata kerja utama.


4. Penggunaan had pada kalimat atau ungkapan yang tujuannya untuk memberikan saran
              kata had juga sering kita temui pada kalimat atau ungkapan yang dimaksudkan untuk memberi saran ataupun peringatan pada orang lain. pada kalimat ini had akan diikuti dengan kata  better baru setelah itu verb.

perhatikan contoh :

They had better sleep early (mereka sebaiknya tidur lebih awal)
she had better go home (dia sebaiknya pulang ke rumah)

Nah itulah penggunaan had yang dapat saya sampaikan, semoga bisa membantu kalian...
terimakasih sudah membaca artikel ini. 


EmoticonEmoticon